KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
DOI:
https://doi.org/10.55098/gl.v1i1.275Kata Kunci:
Pemecahan Masalah, Gaya KognitifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar ditinjau dari gaya kognitif. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian deskripsi kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 1 Merauke. Instrumen yang digunakan yaitu tes
GEFT, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Diperoleh hasil bahwa kemampuan pemecahan masalah subyek dengan gaya kognitif field dependent kurang mampu dalam mengubah bahasa verbal ke dalam bentuk kalimat matematika, subyek belum mampu menemukan rumus matematika yang tepat akibatnya salah menentukan langkah-langkah penyelesaian, selanjutnya subyek tidak melakukan pengecekan kembali terhadap jawaban yang diberikan. Sedangkan untuk subyek dengan gaya kognitif field independent lebih analitis. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan subyek dalam memahami pernyataan verbal dan mampu untuk merubahnya ke dalam kalimat matematika. Selain itu, subyek juga dapat menentukan rumus yang tepat sehingga langkah-langkah yang digunakan sesuai untuk menyelesaikan masalah.