PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN ASAM DAN BASA

Penulis

  • Anwar M. Roem Universitas Yapis Papua
  • Munawwarah Manrudda SMA Negeri 4 Jayapura Papua
  • Tri Kurniah Lestari Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/gl.v1i1.274

Kata Kunci:

Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips pada materi asam dan basa. Subjek penelitian tindakan kelas ini yaitu 40 orang siswa kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 4 Jayapura. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri atas satu pertemuan. Setiap siklus didesain dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi, angket dan soal tes tertulis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, angket dan tes tertulis. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada setiap siklusnya. Berdasarkan data hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa pada penelitian ini diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru dari siklus I sebesar 84,37% naik menjadi 94,79% pada siklus II, sedangkan pada aktivitas siswa
dari siklus I sebesar 82,29% naik menjadi 93,79% pada siklus II. Selain itu, berdasarkan hasil tes tertulis setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips pada materi asam dan basa juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan nilai tes rata-rata 71,25 ke siklus II yaitu 78,85. Kemudian, berdasarkan hasil analisis respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips dalam kegiatan proses belajar mengajar pada materi asam dan basa, dari 40 siswa 86,56% mengatakan setuju sedangkan 13,44% siswa menyatakan tidak setuju terhadap penerapan model ini pada materi asam dan basa. Dengan demikian dapat diindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chips pada materi asam dan basa sangat menarik, sehingga mayoritas siswa sangat tertarik bila model pembelajaran ini digunakan dalam proses belajar mengajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-10