QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
DOI:
https://doi.org/10.55098/gl.v1i1.269Kata Kunci:
Quantum Learning, Hasil Belajar, Aktivitas BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran quantum learning pada materi larutan penyangga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI Mipa 5 sebanyak 40 orang. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 26 orang dengan rata-rata aktivitas sebesar 65% dan berada pada kategori “Baik”. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 35 orang dengan rata-rata aktivitas 88,75% dan berada pada kategori “Baik Sekali”. Dengan demikian, maka penerapan
model pembelajaran quantum learning pada materi larutan penyangga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.