Kompensasi Terhadap Kinerja Personil Dengan Komitmen Pegawai Sebagai Variabel Mediasi

Studi Pada Pendam XVII/Cenderawasih Jayapura

Penulis

  • Candra Kurniawan Universitas Yapis Papua
  • Sjamsiar Husen Universitas Yapis Papua
  • Usman Pakasi Universitas Yapis Papua
  • Yaya Sonjaya Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/tjbmr.v5i2.299

Kata Kunci:

Kompensasi, Komitmen Pegawai, Kinerja Pegawai

Abstrak

Tesis ini bertujuan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kompensasi terhadap komitmen personil, pengaruh komitmen terhadap kinerja personil, pengaruh kompensasi terhadap kinerja personil, dan pengaruh kompensasi terhadap kinerja personil dengan komitmen personil sebagai variabel mediasi.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode atau pendekatan kausalitas, adalah penelitian yang ingin mencari penjelasan dalam bentuk hubungan sebab-akibat (cause-effect) antara beberapa konsep atau beberapa variabel atau beberapa strategi yang dikembangkan dalam manajemen. Penelitian ini diarahkan untuk menggambarkan adanya hubungan sebab-akibat antara beberapa situasi yang digambarkan dalam variabel, dan atas dasar itu ditariklah sebuah kesimpulan umum. Jenis penelitian ini dipilih mengingat tujuan dari peneliti adalah untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh yang terjadi antar variabel sebagai alat pengumpul data primer di mana penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai dengan komitmen pegawai sebagai variabel mediasi (intervening).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh Personil PendamXVII/Cenderawasih berjumlah 101 personel. Jumlah sampel penelitian ini,  diambil sebanyak 100 responden, yaitu seluruh personel yang ada di Pendam XVII/Cenderawasih dengan teknik samplingnya menggunakan total sampling atau sampel jenuh, yang mana seluruh unsur dari populasi dijadikan sebagai sampel.

Temuan membuktikan bahwa: 1). Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen pegawai, 2). Komitmen pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, 3). Kompensasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, dan 4). Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai melalui komitmen pegawai sebagai variabel mediasi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-06

Cara Mengutip

Kurniawan, C., Husen, S., Pakasi, . U., & Sonjaya, Y. (2023). Kompensasi Terhadap Kinerja Personil Dengan Komitmen Pegawai Sebagai Variabel Mediasi: Studi Pada Pendam XVII/Cenderawasih Jayapura. The Journal of Business and Management Research, 5(2), 739–753. https://doi.org/10.55098/tjbmr.v5i2.299