ANALISIS KINERJA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA JAYAPURA
Kata Kunci:
Transportasi Online Kota Jayapura, Kualitas Pelayanan, Kepuasan KonsumenAbstrak
Kemajuan teknologi di Kota Jayapura telah menghadirkan transportasi online yang mempermudah aktivitas masyarakat. Namun, dampaknya terhadap angkutan umum mengancam perekonomian para pengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja transportasi online di Kota Jayapura yang dinilai melalui lima dimensi layanan: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah masyarakat Kota Jayapura. Sampel yang diambil berdasarkan teknik sampling purposive sampling dengan kriteria responden sudah pernah naik transportasi online 2 kali dan berusia minimal 17 tahun, berdasarkan hasil analisis dari 100 responden karakteristik responden berjenis kelamin perempuan 81%, usia 17-25 tahun 52%, pekerjaan pegawai swasta 46%, penghasilan Rp1.000.00 – Rp5.000.000 61%, tujuan perjalanan sosial umum 40%. Hasil uji F menunjukan bahwa kinerja kualitas layanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa transportasi online (Fhitung >Ttabel). Hasil uji determinasi menunjukan bahwa 83,3% kepuasan pengguna jasa transportasi online di Kota Jayapura dapat dijilaskan oleh variabel-variabel yang diteliti.