PENGARUH PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN KOTI KOTA JAYAPURA

Penulis

  • Septinus Howay Universitas Yapis Papua
  • Adri Raidyarto Universitas Yapis Papua
  • Mamik Wantoro Universitas Yapis Papua

Kata Kunci:

Putar balik arah (U-Turn), Volume kendaraan, Waktu tempuh

Abstrak

Gerakan putar balik arah (U-Turn) pada jalan Koti depan Pom Bensin lama Kota Jayapura, sering mengakibatkan arus yang tidak stabil, pada waktu tertentu terjadi antrian kendaraan. Penelitiaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahu berapa besar volume arus lalu lintas saat kendaraan melakukan putar balik arah (U-Turn), berapa lama waktu yang dibutuhkan saat putar balik arah (U-Turn) dan berapa panjang antrian saat putar balik arah (U-Turn). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi instansi terkait dalam mengambil kebijakan pada Ruas Jalan Koti depan Pom Bensin lama Kota Jayapura. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini menggunakan MKJI 1997. Dari hasil analisis, Jumlah kendaraan yang melakukan putar balik arah (U-Turn) terbesar terjadi pada hari senin dengan total volume kendaraan 2278 kend/jam, dengan jumlah sepeda motor (MC) terbesar 1278 kend/jam, kendaraan ringan (LV) 915 kend/jam, dan kendaraan berat (HV) 24 kend/jam. Waktu tempuh rata-rata kendaraan saat melakukan putar balik arah (U-Turn) untuk sepeda motor (MC) yang terbesar 21.37 detik dengan kecepatan 8.42 km/jam, dan untuk kendaraan ringan (LV) 31.26 detik dengan kecepatan 5.76 km/jam. Panjang antrian yang terbesar terjadi pada hari senin pagi dengan panjang 50 m.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-10