Pengaruh Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Jayapura

Penulis

  • Nurul Mutmainnah
  • Putri Febrianty Khoirunnisah Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/gl.v1i2.395

Kata Kunci:

media, papan berpaku, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan berpaku terhadap hasil
belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain
penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Pengambilan sample menggunakan
teknik Purposive Sampling, penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III SD Hikmah Yapis.
Sampel penelitian berjumlah 2 kelas III SD Hikmah Yapis. Data yang dikumpulkan adalah tes dan
observasi. Analisis data menggunakan independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil
penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media
papan berpaku secara signifikan lebih berpengaruh daripada siswa yang mengikuti pembelajaran
tanpa media dan hanya menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 0.742>0,05). Kesimpulan
bahwa media papan berpaku dapat diterapkan oleh guru menjadi salah satu media yang memberi
pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-26