Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Daring (Asynchronous) Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kota Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.55098/gl.v1i2.393Kata Kunci:
Video Animasi, Keterampilan menyimak, Pembelajaran DaringAbstrak
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan menyimak menggunakan media video animasi berbasis daring pada kelas V SD Hikmah I Yapis Kota Jayapura. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Desain yang digunakan yaitu Non Equivalent Control Group Design terdiri dari dua kelompok yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik random sampling. Dari hasil pengujian menggunakan uji sample t test terhadap keterampilan menyimak didapatkan nilai signifikansi Levene’s Test for Equality adalah 0,730 > 0,05, nilai tersebut menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini bersifat homogen nilai signifikan (Sig2-tailed) 0,00 < 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan menyimak menggunakan media video animasi dengan pembelajaran konvensional. Nilai t hitung 5,614 > t tabel 2,001, Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan untuk keterampilan menyimak menggunakan media video animasi. Selain itu, dari hasil uji Independent Sampel t-test didapat nlai sig 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh secara simultan penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa.