Analisis Butir Soal Ujian Konsep Dasar Matematika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Yapis Papua
Analisis, Soal, Pilihan Ganda
DOI:
https://doi.org/10.55098/gl.v1i2.391Kata Kunci:
Analisis, Soal, Pilihan GandaAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan penilaian pada mata kuliah konsep dasar matematika. Soal ujian yang digunakan oleh dosen hendaknya diuji kelayakannya terlebih dahulu untuk mengetahui masing-masing butir soal dapat digunakan untuk mengukur kompetensi yang akan diukur. Penelitian ini dilakukan dengan metode Deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan 90% soal berkategori valid dan 10% soal berkategori tidak valid, tingkat reliabilitas tinggi dengan R1 sebesar 0.83, tingkat kesukaran soal dengan presentase sebesar 15% soal termasuk sedang dan 85% soal termasuk kategori sangat tinggi, pada tingkat daya beda terdapat 35% atau sebanyak 7 soal berkategori daya pembeda baik, 55% atau sebanyak 11 soal berkategori sedang dan 10% atau sebanyak 2 soal berkategori Buruk. Sedangkan analisis fungsi pengecoh menunjukkan 10% pengecoh soal berfungsi dengan baik yang terdapat pada 18 butir soal dan 90% pengecoh soal yang tidak berfungsi yang tersebar pada 20 butir soal.