MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME

Penulis

  • Tri Kurniah Lestari Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/gl.v1i1.272

Kata Kunci:

Minat belajar, Realistic Mathematics Education (RME)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX-C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini memiliki dua siklus di mana siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dalam kegiatan pembelajaran dan siklus kedua sebanyak tiga kali kegiatan pembelajaran dengan materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran, tes hasil belajar, dan angket minat belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pembelajaran menerapkan pendekatan RME. Sekitar 61% siswa memiliki minat belajar yang tinggi terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran
dapat dikatakan meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-10