- DINAMIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD HIKMAH 1 YAPIS JAYAPURA

-

Authors

  • Dita Suwardi Putri Universitas Yapis Papua
  • Hasruddin Dute Universitas Yapis Papua
  • Moh. Ali Mahmudi Universitas Yapis Papua

Keywords:

Kata kunci: Pembelajaran; Baca Tulis Al-Qur'an.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan proses pembelajaran membaca dan menulis Al-Quran (BTQ) di SD Hikmah 1 Yapis Jayapura; untuk mengetahui dampak aplikasi ini terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Quran siswa di SD Hikmah 1 Yapis Jayapura; dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat upaya tersebut. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif lapangan. Langkah-langkah yang digunakan adalah sebagai berikut: (1) peneliti sendiri yang berperan sebagai instrumen penelitian utama; (2) Sumber data utama adalah kepala sekolah, guru BTQ dan SD Hikmah 1 Yapis. Hasil Penelitian ini menunjukkan tidak memiliki kualifikasi akademik yang ditentukan oleh pemerintah sebagai guru tenaga pendidik pembelajaran BTQ di SD Hikmah 1 Yapis hal ini dilihat dari pengajar mata pelajaran BTQ belum menyandang gelar S1. Meskipun demikian pelaksanaan pembelajaran BTQ di SD 1 Yapis artinya guru selalu memberikan keterampilan awal dan memberikan inspirasi kepada siswa. Mengajarkan alat musik berarti memfasilitasi pembelajaran di kelas agar pembelajaran terjadi sesuai tujuan yang dimaksudkan. Untuk menguatkan pembelajaran Baca Tulis Qur’an guru menganjurkan agar peserta didik mengaji di rumah baik itu dengan orang tuanya atau mengaji di Taman Pengajian al-Qur’an dekat dengan rumah peserta didik.

Downloads

Published

2023-12-25