IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA KERAMBA JARING APUNG (KJA) DI KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Ralph A. N. Tuhumury Universitas Yapis Papua
  • Yudi Prayitno Universitas Yapis Papua
  • Sitti Khairul Bariyyah Universitas Yapis Papua
  • Agustina Tri Kusuma Dewi Universitas Yapis Papua
  • Laurina Ansanay Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/tjfd.v5i1.249

Keywords:

Pengembangan Usaha, Budidaya, Perikanan, Keramba Jaring Apung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan usaha untuk kelompok masyarakat/pelaku usaha Budidaya Keramba Jaring Apung (KJA) di Kabupaten Jayapura. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Jayapura dan dilaksanakan selama 2 bulan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Data yang digunakan untuk survey untuk identifikasi dan strategi peningkatan akses keuangan pada sektor perikanan meliputi: Profil Pelaku usaha perikanan, Aspek Pasar dan pemasaran Usaha perikanan dan Sumber pembiayaan modal Usaha perikanan. Untuk memperoleh data lapangan dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu melalui pengamatan (observasi), wawancara, diskusi kelompok terarah dan pencatatan terhadap data-data yang diperlukan sesuai tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan Pengembangan Kemitraan dan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menjamin keberlangsungan usaha dan pekerjaan di sektor Perikanan.
Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha yaitu aspek lemahnya kualitas sumberdaya manusia yang berdampak kepada: a) Pengelolaan usaha yang belum profesional, terutama dalam hal pembukuan, pemasaran dan pembiayaan lainnya. b) Sulitnya mendapatkan pinjaman modal dari perbankan, mengingat usaha ini tidak memiliki agunan yang cukup. c) Perkembangan usaha sangat tergantung kepada pribadi si pengusaha, d) Lemahnya inovasi
teknologi, financial, manajemen, pemasaran hasil dan akses terhadap pelayanan pendukung. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tidak sedikit usaha kecil yang mengalami kegagalan, namun sebaliknya banyak juga usaha kecil yang mencapai keberhasilan. Oleh Karena itu perlu mendapat perhatian yang serius dari berbagai pihak.

Published

2022-08-19