ANALISA KINERJA U-TURN (PUTAR BALIK) DI RUAS JALAN RAYA ABEPURA (Studi Kasus Depan SD VIM 1 Kotaraja)

Penulis

  • Fauzan Fahmi Universitas Yapis Papua
  • irianto Universitas Yapis Papua
  • Didik S.S. Mabui Universitas Yapis Papua

Kata Kunci:

Putar balik, Manufer dan Antrian

Abstrak

Jalan Raya Abepura merupakan tipe jalan  yang dilengkapi dengan fasilitas bukaan median untuk putar balik arah namun terlihat adanya kendaraan yang tidak dapat melakukan gerakan putar-balik dengan lancar yang menimbulkan kemacetan pada ruas jalan ini. Sehingga penelitian  ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh gerak u-turn pada bukaan median terhadap kinerja u-turn pada 2 titik. Dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh karateristik sebagai berikut : kapasitas jalan sebesar 4906.902 smp/jam,  sedangkan volume lau lintas tertinggi sebesar 1265.35 smp/jam  pada pukul 07.00 - 08.00 yang menandakan kapasitas jalan mampu menampung volume kendaraan saat jam padat lalu lintas, adapun tingkat pelayanan pada jalan raya abepura yang diambil dari angka derajat kejenuhan tertinggi yaitu 0.74 yang mengindikasikan tingkat pelayanan berada di poin B. Dari perhitungan waktu manuver kendaraan didapat rata-rata waktu tertinggi kendaraan roda dua untuk arah abepura sebesar 2.04 menit pada pukul 08.00 – 09.00, untuk kendaraan ringan sebesar 4.22 menit pada pukul 08.00 – 09.00 dan kendaraan berat dengan durasi 5.22 pada pukul 10.00 – 11.00. Sedangkan untuk arah kotaraja rata-rata waktu manuver tertinggi kendaraan roda dua  sebesar 1.84 menit pada pukul 08.00 – 09.00, untuk kendaraan ringan sebesar 3.78 menit pada pukul 08.00 – 09.00 dan kendaraan berat dengan durasi 5.67 pada pukul 08.00 – 09.00, adapun untuk arah weaving (menyilang) rata-rata waktu manuver tertinggi roda dua  sebesar 2.11 menit pada pukul 07.00 – 08.00, untuk kendaraan ringan sebesar 5.00 menit pada pukul 08.00 – 09.00 dan kendaraan berat dengan durasi 7.89 menit pada pukul 13.00 – 14.00.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-10