KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN ASPAL HRS-WC DENGAN MENGGUNAKAN FILLER BATU KARANG

Penulis

  • Ponco Wibowo Universitas Yapis Papua
  • Didik S.S. Mabui Universitas Yapis Papua
  • andung Yunianta Universitas Yapis Papua

Kata Kunci:

HRS-WC, Marshall, Filler

Abstrak

Jalan terletak diantara roda kendaraan dan lapisa tanah yang berguna memberi kenyamanan dan diharapkan tidak
mudah terjadi kerusakan, agar keawetan dan memiliki daya dukung yang memadai, Aspal merupakan salah satu
material pembuatan jalan raya dikarenakan aspal memiliki tingkat kenyamanan yang baik sebagai bahan
perkerasan jalan raya, diharapkan batu karang dapat menjadi salah satu bahan alternatif filler. Sebagian wilayah
di Kota Jayapura seperti Distrik Muara Tami, memiliki material lokal batu karang dalam jumlah yang besar.
Penelitian ini menggunakan aspal minyak sebagai bahan pengikat agregat. Adapun penelitian ini dimaksudkan
untuk mengetahui nilai karakteristik marshall dengan batu karang sebagai filler pterhadap aspal Hot Rolled
Sheet-Wearing Course dan pemanfaatan material lokal Kota Jayapura khususnya bahan pengisi (filler) batu
karang terhadap aspal panas Hot Rolled Sheet-Wearing Course dapat digunakan sesuai spesifikasi. Material yang
digunakan yaitu aspal minyak dari PT. Pertamina, agregat lokal dari wilayah Doyo dan bahan pengisi (filler) dari
wilayah Koya Timur. Penelitian dilakukan di Laboratorium, dimana campuran aspal HRS-WC yang dihasilkan
kemudian akan dilakukan pengujian karakteristik Marshall untuk mengetahui nilai durabilitasnya. Berdasarkan
hasil pengujian, maka didapatkan hasil nilai marshall memenuhi spesifikasi umum Bina Marga 2018 pada kadar
aspal 6,2% - 7,4%, dengan nilai kadar aspal rata-rata Adalah 6,8% sebagai Kadar Aspal Paling Optimum.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-22