IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT MARTHEN INDEY JAYAPURA
Keywords:
Pelayanan, Covid-19, Rumah SakitAbstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan Unuk Mengetahui Kebijakan Pelayanan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Marthen Indey Jayapura. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1). Komunikasi adalah pemberian informasi seperti program penanganan penagnanganan Covid-19 yaitu terlebih dahulu melakukan skrining oleh petugas covid-19 Rumah Sakit Marthen Indey Jayapura sebelum mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit. 2) Sumber daya yaitu sumber daya manusia dan sumber daya financial Rumah Sakit Marthen Indey Jayapura sudah memenuhi, kemudian melakukan penanganan covid-19 serta mematuhi dan menjalankan prorokol kesehatan sesuai dengan standar yang telah di tetapkan. 3) Disposisi (komitmen konsistensi) pegawai Rumah Sakit Marthen Indey Jayapura dalam program penanggulangan Covid-19 cukup baik tapi komitmen masyarakat untuk berpartisipasi dalam program penanggulangan Covid-19 sangat kurang. 4). Struktur birokrasi yaitu adanya prosedur operasi yang stadar (SOP) dalam implementasi kebijakan penanggulangan Covid – 19 berjalan dengan baik tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan program karena semua dilakukan secara terkoordinasi.