IMPLEMENTASI PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) I PARIWISATA JAYAPURA

Authors

  • Susilawaty Universitas Yapis Papua
  • Suratini Universitas Yapis Papua
  • Maston Dalita Universitas Yapis Papua

Keywords:

Implementasi, PBM, Covid-19

Abstract

Penelitian dengan Implementasi Proses belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Pariwisata Jayapura merupakan penelitian deskriptif , dimana instrument utama yang digunakan adalah wawancara dengan teknik analisa data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data, dengan memfokuskan pada 2 fokus kajian yang berkaitan dengan Proses belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode pembelajaran dalam bentuk daring/online, masih perlu waktu untuk beradaptasi dengan baik, secara umum pihak sekolah siap melaksanakan metode ini, namun perlu dilihat pula kesiapan dari siswanya, orang tua dalam memfasilitasi anaknya serta mekanisme tertentu yang harus disiasati agar materi yang diberikan guru dapat diterima dengan baik oleh para siswanya, hal ini merupakan solusi terbaik pada masa pandemic, memang belum berjalan sesuai dengan harapan, Metode pembelajaran jarak jauh dalam bentuk luring/offline pada masa pandemi covid-19 masih terdapat kelemahan, termasuk dari pihak guru yang tidak dapat menjelaskan suatu teori secara detail dan pada umumnya sifatnya hanya penugasan, dimana guru memberikan modul untuk belajar dan tetap melakukan control yang baik terhadap para siswanya, sehingga peserta didik dapat mengerjakan dan mengumpulkan tugas-tugasnya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan., pada prinsipnya pihak sekolah siap melaksanakan metode tersebut, namun perlu disiasati juga bahwa pada sekolah kejuruan yang notabennya berdasarkan kurikulum terdapat pembelajaran yang sifatnya praktek, maka tetap harus mencari solusi agar hal tersebut dapat dilakukan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajarannya. Pembelajaran dengan pola luring sejauh ini diikuti sesuai petunjuk dan arahan dari pihak sekolah, namun pola ini menimbulkan dampak yang kurang baik karena cenderung membosankan sehingga motivasi belajarpun kadang menurun.

Downloads

Published

2024-09-05