PENGEMBANGAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA SEKOLAH BERPOLA ASRAMA DI SMA NEGERI 3 JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.55098/prjiap.v6i2.315Keywords:
Akses dan Kualitas PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan akses dan kualitas pendidikan pada sekolah berpola asrama di SMA Negeri 3 Jayapura, dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan, atau meringkaskan berbagai kondisi, situasi, fenomena, atau berbagai variabel penelitian menurut kejadian sebagaimana adanya yang dapat dipotret, diwawancara, diobservasi, serta yang dapat diungkapkan melalui bahan-bahan dokumenter.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan akses dan kualitas pendidikan pada sekolah berpola asrama di SMA Negeri 3 Jayapura adalah sebagai berikut 1) Akses pendidikan di SMA Negeri 3 Jayapura yaitu kesetaraan gender bahwa SMA Negeri 3 Jayapura memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan dalam menerima pendidikan, asal daerah siswa SMA Negeri 3 Jayapura umumnya berasal dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua melalui proses pendaftaran dan proses seleksi, kecukupan sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 3 Jayapura masih minim tetapi sebagian besar sarana dan prasarana sudah ada sesuai dengan standar dan sudah bisa mengoptimalkan dan memaksimalakan keseluruhan fungsi sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, dan penerimaan siswa siswa SMA Negeri 3 Jayapura menerima siswa orang asli Papua dan siswa bukan orang asli Papua dan juga menerima siswa dari luar daerah Papua; 2) Kualitas pendidikan di SMA Negeri 3 Jayapura yaitu strategi pembelajaran di SMA Negeri 3 Jayapura ada pada setiap guru mata pelajaran dengan komunikasi dan kolaborasi yang sejalan dan keseluruhan fasilitas untuk proses belajar dan mengajar sudah tersedia serta pelatihan untuk setiap guru, SMA Negeri 3 Jayapura menggunakan Kurikulum 2013 dan untuk proses pembelajaran SMA Negeri 3 Jayapura menggunakan proses pembelajaran yang terintegrasi, kepemimpinan dan tata kelola Pengelolaan SMA Negeri 3 Jayapura mengacu pada Permendiknas No. 19 Tahun 2007 yang terdiri dari perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, serta pengawasan dan evaluasi, perencanaan program SMA Negeri 3 Jayapura meliputi penyusunan visi, misi, tujuan, dan profil sekolah, kemudian penyusunan RKS, RKT, RKAS, RAPBS, dan kepala sekolah SMA Negeri 3 Jayapura melakukan evaluasi sasaran kinerja pegawai ( SKP ) yaitu penilaian kinerja guru, tata usaha ( TU ), dan kualitas peserta didik yang ada di SMA Negeri 3 Jayapura beragam untuk meningkatakan kualitas siswa pada bidang akademik SMA Negeri 3 Jayapura mengadakan materikulasi yang berjalan sepanjang tahun, tidak hanya pada bidang akademik saja, pada bidang nonakademik SMA Negeri 3 Jayapura juga mengarahkan dalam bentuk keterampilan, seni, dan olahraga.