ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DI SD YPK SKOPRO KAMPUNG SKOPRO DISTRIK ARSO TIMUR KABUPATEN KEEROM
DOI:
https://doi.org/10.55098/prjiap.v6i1.215Abstract
Pemberian Otonomi Khusus bagi Propinsi Papua yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 tahun 2001 dalam esensinya memiliki tujuan dimana memberikan kewenangan bagi rakyat Papua untuk mengelola sendiri kekayaan alam yang dimiliki serta diberi pelimpahan tanggung jawab untuk memajukan, percepatan pembangunan baik dari segi politik ekonomi, budaya, pendidikan, terlebih tingkat kesejahteraan masyarakat. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran terutama di daerah 3T di Indonesia dengan akses yang sulit menhgadapi banyak kendala terkait dengan proses pembelajaran. Metode penelitian yang adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan analisis kualitatif. menunjukkan bahwa proses pemeblajaran di SD YPK Skopro belum berjalan dengan maksimal. Hal ini bisa diliat dari 3 aspek yaitu Kualitas Pembelajaran, Iklim Belajar, dan Sarana dan Prasarana.