PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI KAMPUNG KAYO PULO DISTRIK JAYAPURA SELATAN KOTA JAYAPURA

Authors

  • Lela Tambawang Universitas Yapis Papua
  • Sucahyo Agung D. A Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/prjiap.v5i2.180

Abstract

Suatu kajian mengenai Persepsi Masyarakat Tentang Pelayan Publik di Kampung Kayo Pulo Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura, merupakan suatu kajian deskriptif kualitatif  dengan instrument utama interview terhadap sejumlah infoman dengan focus penelitian pada hal-hal yang berkaitan dengan pemberian pelayanan pegawai. Denagn tujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Tentang Pelayan Publik di Kampung Kayo Pulo Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prosedur pelayanan, sejauh ini belum dibuat dalam bentuk gambar alur proses seperti SOP pada umumnya, namun hanya dalam bentuk pemberitahuan tertulis berkaitan dengan syarat apa saja yang harus dilengkapi dalam menyelesaikan suatu layanan yang dibutuhkan masyarakat..

Waktu peyelesaian, Waktu penyelesaian yang ditetapkan sejak saat pengajuan permohonan sampai dengan penyelesaian pelayanan termasuk pengaduan, sejauh ini belum ada penetapan batas waktu penyelesaian suatu layanan, masih bersifat situasional, dimana pelayanan bisa cepat diselesaikan apabila para pegawai sedang tidak ada kesibukan lainnya di kantor ataupun diluar kantor.

Sarana dan prasarana, Penyedian sarana dan prasarana pelayanan yang memadai oleh penyelenggaraan pelayanan publik, sarana dasar pada umumnya sudah tersedia, secara kualitas kondisinya baik, namun secara kuantitas masih kurang terutama prasarana penunjang seperti ganset, ac atau kipas angina, lemari arsip dan lain-lain.

Kompetensi petugas pemberi pelayanan, Kompetensi petugas pemberi pelayanan harus ditetapkan dengan tepat berdasarkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap, dan perilaku yang dibutuhkan, sejauh ini bila dilihat dari segi latar belakang pendidikan dengan beban tugas pegawai, banyak yang tidak sesuai, namun bila dilihat kemampuan pegawai memberikan pelayanan sejauh ini berjalan cukup baik, karena mereka sering dilibatkan dalam berbagai pelatihan atau bimtek tentang bidang tugasnya masing-masing.

Published

2022-02-15