ANALISIS TANGGUNG JAWAB PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) CABANG JAYAPURA TERHADAP KERUGIAN BONGKAR MUAT DI PELABUHAN NUMBAY JAYAPURA

Authors

  • Farida Tuharea Universitas Yapis Papua
  • Muhammad Amin Hamid Universitas Yapis Papua
  • Joko Prihantoro Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/lpjih.v10i1.94

Keywords:

Tanggungjawab, Pelabuhan, Bongkar Muat

Abstract

Penelitian ini dengan judul Analisis Tanggung Jawab PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Jayapura Terhadap Kerugian Bongkar Muat di Pelabuhan Numbay Jayapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Jayapura terhadap kerugian yang ditimbulkan dalam proses bongkar muat dan kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan bongkar muat di PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Jayapura.

Penelitian ini menggunakan tipe penelitian normatif dan empiris yang bersifat deskriptif analitis, dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan, mengkaji dan mengelola secara sistematis bahan-bahan kepustakaan serta dokumen-dokumen yang berkaitanbongkar muat dan mengumpulkan data melalui wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan tanggung jawab PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Jayapura  terhadap barang angkutan dalam pelaksanaan bongkar muat barang pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Jayapura  di Pelabuhan Numbay Jayapura pada dasarnya meliputi perlindungan yang bersifat administratif (kelengkapan dokumen atau barang angkutan) dan perlindungan yang sifatnya fisik. Bentuk perlindungan secara fisik ini dimaksudkan untuk menjaga dan memelihara keutuhan dan keamanan barang angkutan selama dalam kegiatan pembongkaran dan pemuatan barang tersebut dari dan ke kapal pengangkut. Kendala-kendala yang dihadapi  PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Jayapura dalam pelaksanaan bongkar muat barang di Pelabuhan Pelabuhan Numbay Jayapura terutama berupa faktor alam, peralatan bongkar muat, SDM, angkutan darat (truk) kondisi barang, dan juga dari segi keamanan.

Published

2021-10-23