IMPLEMENTASI HAK TERPIDANA NARKOTIKA DALAM MEMPEROLEH REMISI

Authors

  • Anwar Moch Roem
  • Muslim Universita Yapis Papua
  • Farida Tuharea Universita Yapis Papua
  • Anjali Farah Madina Fikri Universita Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/lpjih.v12i2.327

Keywords:

Implementasi, Terpidana Narkotika, Remisi

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Hak Terpidana Narkotika Dalam Memperoleh Remisi” (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Narkotika Jayapura), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaturan Pemberian Hak Remisi Bagi Terpidana Narkotika, dan Implementasi Hak Terpidana Narkotika Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Narkotika Jayapura.

Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu metode penelitian yang dalam hal ini menggabungkan unsur hukum normatif yang kemudian didukung dengan penambahan data atau unsur empiris. Dalam metode penelitian normatif-empiris ini mengenai implementasi ketentuan hukum normatif (undang-undang) dalam aksinya disetiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam suatu masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian pada Lembaga Pemasyaratakan Kelas II A Narkotika Jayapura dilakukan atau diusulkan di sidang TPP (Tim Pengamat Pemasyarakatan) atau petugas Lembaga Pemasyaratakan Kelas II A Narkotika Jayapura dan hasil sidang tersebut diusulkan ke kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia selanjutnya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan membuat surat keputusan remisi narapidana. Kendala-kendala dalam pemberian remisi bagi narapidana pelaku tindak pidana narkotika dan psikotropika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Narkotika Jayapura yang tidak diberikan remisi atas vonis hukuman yang telah dijalani adalah narapidana melakukan tindakan indisipliner dan narapidana yang yang masih menjalani masa pidana yang menjadi syarat ketentuan remisi.

Downloads

Published

2023-05-21