KAJIAN VIKTIMILOGI TERHADAP KORBAN PENCURIAN SEPEDA MOTOR DI KOTA JAYAPURA

Authors

  • Yulianus P. Aituru
  • Jayanti Puspitaningrum Universita Yapis Papua
  • Mukti Stoffel Universita Yapis Papua
  • Deajeng Pratiwi Hanafi Universita Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/lpjih.v12i2.326

Keywords:

Viktimologi, Korban, Pencurian, Sepeda Motor

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kajian Viktimilogi Terhadap Korban Pencurian Sepeda Motor di Kota Jayapura”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan korban dalam kejahatan pencurian sepeda motor dan bagaimana bentuk-bentuk perlindungan hukum terhadap korban kejahatan pencurian sepeda motor di Kota Jayapura.

Dalam penelitian ini menggunakan tipe Penelitian Yuridis Empiris. Sumber data diambil secara primer dan sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan 2 (dua) metode yaitu melalui wawancara dan kepustakaan, dan analisis data ini dilakukan secara kualitatif, yaitu menggambarkan, menganalisa atau uraian data secara bermutu dalam bentuk kalimat yang teratur, runtu, logis dan tidak tumpang tindih sehingga memudahkan implementasi data dan pemahaman hasil analisis.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan korban dalam kejahatan pencurian sepeda motor di Kota Jayapura dapat dilihat dari tindakan korban sendiri, yaitu : Dalam terjadinya suatu pencurian kendaraan bermotor bisa terjadi karena adanya sikap kelalaian korban dalam menjaga kendaraannya, korban pun tidak peduli akan suatu kejahatan, karena para korban seolah-olah tidak percaya bahwa mereka akan menjadi salah satu korban kejahatan. Dan bentuk-bentuk perlindungan hukum terhadap korban kejahatan pencurian sepeda motor di Kota Jayapura diklasifikasi dalam 3 tahap, yaitu (a) Tahap Pra-Adjudikasi, (b) Tahap Adjudikasi, dan (c) Tahapan Purna-Adjudikasi,

Downloads

Published

2023-05-21