PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Yulianus P. Aituru
  • Jayanti Puspitaningrum Universita Yapis Papua
  • Muhammad Amin Hamid Universita Yapis Papua
  • Rosnawati Ruslan Universita Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/lpjih.v12i1.319

Keywords:

Perjanjian, Covid 19 dan Perusahaan Finance

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penyelesaian Kredit Bermasalah di Masa Pandemi Covid 19 pada PT Federal Internasional Finance Cabang Sentani Kabupaten Jayapura”, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelesaian kredit bermasalah di masa pandemi covid-19 pada PT. Federal International Finance cabang Sentani Kabupaten Jayapura.Untuk mengetahui bagaimana perjanjian baku PT. Federal International Finance cabang Sentani Kabupaten Jayapura dalam memberikan kredit dimasa pandemi covid-19.

Dalam penelitian ini menggunakan Tipe Penelitian Normatif, dan Penelitian Empiris, dengan mengambil data dan menetapkan di Kantor PT. Federal Internasional di Kabupoten Jayapura. Untuk memperoleh data maka penelitian ini menggunakan 3(tiga) metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Dan analisis data ini dilakukan secara kualitataif, yaitu meliputi tahap pengumpulan data, klafikasi data dan penyajian data

Adapun penggunaan metode yang digunakan penulis yaitu purposive sampling. Dengan mewawancarai 2 orang staf PT. FIF dan 2 orang nasabah PT.FIF.

Hasil penelitian bahwa dengan ditetapkan kepres No. 12 tahun 2020 serta diterapkan oleh PT.FIF telah memberi keringanan pada setiap nasabah yang terdampak pada covid-19.Serta perjanjain baku pada PT.FIF telah sesuai dengan mekanisme pada ketentuan KUHPerdata.

Downloads

Published

2023-05-21