PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVA DAN FISHBONE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA RINGS4GIRLS

Isi Artikel Utama

Sharmila Maharani
Damar Suryo Sasono
Stefanus Ndala
Wahyu Cipta Ningrum
Sitti Khairul Bariyyah

Abstrak

Perkembangan internet dan teknologi yang memudahkan pengguna semakin mempengaruhi sektor bisnis, termasuk usaha kecil seperti Rings4Girls. Rings4Girls adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang penjualan cincin dan gelang dengan hiasan manik-manik. Saat ini, proses penjualan di Rings4Girls masih dilakukan secara manual, mulai dari pemilihan produk, proses pembayaran, hingga pengelolaan pesanan. Hal ini menyebabkan kinerja yang kurang optimal dan tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem e-commerce guna meningkatkan penjualan dan efisiensi operasional di Rings4Girls. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Business Model Canvas (BMC) untuk menyusun skema bisnis yang holistik dan berkinerja tinggi serta Diagram Fishbone (Ishikawa) untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyebab masalah yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-commerce mampu mengotomatisasi proses penjualan, meningkatkan manajemen stok, dan menyediakan laporan penjualan yang lebih akurat dan real-time. Selain itu, penggunaan e-commerce memperluas jangkauan pasar, meningkatkan jumlah pelanggan, dan memperbaiki layanan kepada pelanggan melalui pelacakan informasi dan riwayat pembelian

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maharani, S., Sasono, D. S. ., Ndala, S., Ningrum, W. C. ., & Bariyyah, S. K. . (2024). PENERAPAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVA DAN FISHBONE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA RINGS4GIRLS. Journal Of Technology and Information System (J-TIS), 3(1), 13–24. https://doi.org/10.70129/jtis.v3i1.648
Bagian
Artikel

Referensi

Dachyar M. (2022). Sistem Informasi Manajemen M Dachyar (Dachyar M, Ed.). Ui Publishing

Anggota Ikapi & Appti.

Destyantara, R. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Bisnis Model

Canvas (Bmc) Dan Swot.

Fenando, F., Studi, P., Informasi, S., Sains, F., & Teknologi, D. (2020). Implementasi E-Commerce

Berbasis Web Pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype Universitas Islam Negeri

Raden Fatah Palembang-Indonesia. Sistem Informasi, 6(2), 66–77.

Ishak Sugiono. (2023). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Mebel Bos

Khoiron Pageruyung.

Dachyar M. (2022). Sistem Informasi Manajemen M Dachyar (Dachyar M, Ed.). Ui Publishing

Anggota Ikapi & Appti.

Destyantara, R. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Bisnis Model

Canvas (Bmc) Dan Swot.

Fenando, F., Studi, P., Informasi, S., Sains, F., & Teknologi, D. (2020). Implementasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang-Indonesia. Sistem Informasi, 6(2), 66–77.

Ishak Sugiono. (2023). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Mebel Bos

Khoiron Pageruyung.

Kondar Siahaan, Susanto. (2022). Sistem Informasi E-Commerce Rumah Batik Desa Lambur 1

Tanjung Jabung Timur.

Kurniasih Dewi. (2021). Teknik Analisa. Alfabeta.

Santosa Sigit, & Ismaya, H. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms

Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung. Bisnis Dan Pemasaran, 11(1), 2087–3077.

Saputra Dedi. (2023). Analisis & Perancangan Sistem Informasi (F. S. Agami, Ed.; Pertama). Pt.

Insan Cendekia Mandiri Group.

Solichin, A. (2021). Pemrograman Web Dengan Php Dan Mysql.

Sonata, F.-. (2019). Pemanfaatan Uml (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem

Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 22.

Soufitri Fithrie. (2023). Konsep Sistem Informasi (Nasution Bincar, Ed.). Pt Inovasi Pratama

Internasional.

Sumirat, P. L. (2023). Dasar-Dasar Rekayasa Perangkat Lunak (Pertama). Madza Media.

Tirozul Achyar, M., Indra Pratama, F., & Jl Menoreh Tengah, H. X. (2021). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak Sistem Informasi E-Commerce Furniture Berbasis Web Pada Toko Mebel Ubaidillah Kamal Jepara. 3(2), 156–161.

Wardhana, A. (N.D.). Business To Consumer (B2c).

Wicaksono, R. S. (2021). Blackbox Testing Teori Dan Studi Kasus (Pertama). Cv. Seribu Bintang.