Sistem Informasi Penjualan Sparepart Handphone Pada Konter Fix Celluler Berbasis Web

Isi Artikel Utama

Citra Amalia
fadil alghifari
Salahudin Robo
Andi Hartono
Stefanus Ndala
Trisno

Abstrak

Toko penjualan sparepart handphone Fix Celluler memiliki suatu masalah pada sistem penjualan serta pengecekan laporan harian penjualan. Masalah ini sudah ada sejak dimulainya bisnis penjualan sparepart handphone. Namun sistem yang digunakan dalam penjualan masih bersifat manual/konvensional sehingga terbentuknya sistem yang akan digunakan dalam mempermudah penjualan sparepart ini adalah sistem penjualan berbasis website. Dengan penggunaan sistem ini dapat melakukan transaksi antar pembeli lebih efisien dan juga dapat menghemat waktu admin dalam mengelola data produk serta pelanggaran. Dampak dari penggunaan sistem yang baru dapat meningkatkan pesat dikarenakan luasnya operasi lokasi penjualan khususnya penjualan sparepart di wilayah Jayapura. Metode dalam pengumpulan datanya menggunakan metode kualitatif dikarenakan sangat efektif pada konter Fix Celluler. Dalam metode kualitatif terdapat beberapa metode yang digunakan, yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode studi pustaka. Dengan penggunaan metode kualitatif tersebut menyebabkan hasil pengumpulan data yang lebih akurat. Kemudian dalam tahapan perancangan sistem ini menggunakan metode waterfall dikarenakan tahapan perancangannya yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi pada konter Fix Celluler

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Amalia, C., alghifari, fadil, Robo, S., Hartono, A. ., Ndala, S., & Trisno. (2023). Sistem Informasi Penjualan Sparepart Handphone Pada Konter Fix Celluler Berbasis Web. Journal Of Technology and Information System (J-TIS), 2(1), 53–66. Diambil dari http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/jtis/article/view/383
Bagian
Artikel

Referensi

Anik Sri Wahyuningsih dan Anjar Imam Bahron, “Sistem Informasi Penjualan Barang Furniture Berbasis Web Pada PT. Vinotindo Graha Sarana Menggunakan PHP dan MySQL”, (Volume 06, Nomor 01).

Winarti, Muhammad Ihsan, dan Novita Wulandari, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Campus Mart Unimuda Sorong dengan PHP Dan MySQL”, (Vol 1. No.1).

Frederikus Leonardo, Kristina Sara,S.Kom.,M.Pd, dan Anastasia Mude,S,Kom, M.Kom,

“Sistem Informasi Penjualan Aksesoris dan Jasa Service hp pada Allo Cell menggunaka metode waterfall”, (Vol. 7, No,2, 2022 ISSN: 2502-5899).

Mohammad Ahmadar dan Perwito,S.E.,MM, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Rahayu Photo Copy dengan metode MySQL”, (Volume 9 No.1 Tahun 2021).

Sri Mulyati dan Aditya Chandra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Penjualan berbasis Web dengan PHP dan MySQL”, (Vol 8, No. 1, Januari-Juni, Tahun 2019).

Dedek Riswanto dan Sifa Fauziah, “Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Sparepart Komputer berbasis Web”, (Feb 2021, pp.70-80).

Perra Budiarti Rahayu Putri dan Anggi Hadi Wijaya, “Sistem Informasi Penjualan Furniture berbasis Web menggunakan Bahasa Pemrograman PHP MySQL”, (Vol. 2, No. 1 Juli 2022).

Ma’sum, Huswatun Hasanah, dan Saepullah, “Aplikasi Sistem Penjualan Sparepart Hamdphone di CV. AUTO CELL berbasis Web”, (Vol 05 No. 01 Tahun 2023).

Fitriani Dwi Ratna Sari dan Amin Suryana, “Perancangan Sistem Informasi Infentaris Sparepart Handphone berbasis PHP dan MySQL di Planet Phone”, (Vol. 3 No. 1 Tahun 2019).

Dwi Fany Rahmatullah & Shofiya Syidada. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan dan Pemesanan Barang Import Berbasis Web Pada PT.Bumi Jaya”, (Vol 8 NO.2 Jul-Des 2022).

Riza Nabilah Aulia Haris, M Riandi Widiyantoro, & Salahudin Robo. “E-commerce Pada Toko Jaya Elektronik”. (Vol 1 Nomor 1, Juli 2022, pp.: 25-32).

A.A.Rangga, S.N.Alam, M.R.Widiyantoro,F.M.A.Syifa’a, D.S.Sasono,Y.Edowai, “Sistem Informasi Presensi Harian Pada SMK Hikmah Yapis Jayapura”.

Salahudin Robo, Andrian Sah, Andri Tri Sidarmawan, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Pengembangan Sistem Informasi E-Learning (Studi Kasus: SMP Negeri 5 Jayapura)’,2021.

Salahudin Robo, Trisno Trisno, Sunardi Sunardi, Santosa Santosa,” Perencanaan strategis sistem informasi menggunakan enterprise architecture planning pada pt. Karya cipta buana sentosa maumere”, 2018.

Frendy Rocky Rumambi, Salahudin Robo, Citra Amalia, “Identifikasi Dampak Penggunaan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Terhadap Pelayanan Kesehatan Menggunakan Hot-Fit Model 2006”, 2020.