Sistem Informasi Penjualan pada Toko Hanania

Isi Artikel Utama

Yulius Nahak Teti
Amalia Kartika
Salahudin Robo
Maria Claudia Putri Muwa
Damar Suryo Sasono

Abstrak

Toko Hanania merupakan usaha penjualan makanan dan minuman yang menyediakan berbagai macam produk dari pengolahan kurma. Toko Hanania mempunyai permasalahan yaitu pada laporan keuangan yang masih menggunakan cara penulisan tangan sehingga sering terjadinya kesalahan dalam pencatatan pemesanan produk, kesalahan dalam perhitungan produk, kerusakan, dan kehilangan, bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pengecekan pada produk. Tujuan dari penelitian ini maka dibuatkannya system informasi berbasis web agar mampu meningkatkan suatu pelayanan penjualan, terutama pada penawaran produk yang dapat memudahkan proses promosi dan transaksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode waterfall, sebab metode ini lebih efisien digunakan pada system untuk penjualan pada Toko Hanania. Model waterfall ini juga berkembang secara sistematis dari satu tahap ke tahap lain seperti air terjun. Hasil penelitian ini menghasilkan suatu system berbasis web yang mampu melakukan penjualan secara online, dan dapat memasarkan suatu produk dengan jangkauan yang luas dan dengan penjualan online bisa lebih efektif dan efisien, bahkan menjadikan peluang yang baik bagi konsumen Toko Hanania.


Kata kunci: Toko Hanania, Metode Waterfall, Penjualan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nahak Teti, Y. ., Kartika, A., Robo, S., Putri Muwa, M. C. ., & Sasono, D. S. . (2023). Sistem Informasi Penjualan pada Toko Hanania. Journal Of Technology and Information System (J-TIS), 2(1), 27–38. Diambil dari http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/jtis/article/view/382
Bagian
Artikel

Referensi

F. Ramadhan, N. Purwandari, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Mustika Jati”.

M. Saputi, M. Hidayat, M. Alif, and M. Baihaqy, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada RM Sinar Minang,” 2021.

L. Fatkhul Mubin, H. Murti, T. Dwiati Wismarini, S. Informasi, and U. Stikubank Semarang Jl Trilomba Juang No, “Rancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasisi Web Mobile Untuk Usaha Toko Serbaneka”.

E. Pudjiarti, ; Dini Nurlaela, ; Wina Sulistyani, U. Bina, and S. Informatika, “Sistem Informasi Penjualan Beras Berbasis Website,” IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, vol. 5, no. 1,

pp. 62–74, 2019.

R. F. Ahmad and N. Hasti, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN SANDAL BERBASIS WEB.”

F. F. Wati and U. Khasanah, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada UD Dwi Surya Aluminium dan Kaca Yogyakarta,” vol. 21, no. 2, pp. 149–156, 2019, doi: 10.31294/p.v20i2.

Y. Mulyanto, F. Handani, Hasmawati, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO OMG BERBASIS WEB DI KECAMATAN EMPANG KABUPATEN SUMBAWA”, 2020.

A. Prasetyo, L. S. Rahmawati, and M. I. Ramadhan, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Mazidah Collection,” Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 43–52, Apr. 2022, doi: 10.25008/janitra.v2i1.146.

D. Zaliluddin, Rohmat, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS PADA NEWBIESTORE)”.

Y. Dwi Wijaya and M. Wardah Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall.” [Online]. Available: http://www.php.net.

A.D.Saputro, M.Tonggiroh, M.R.Widiyantoro, W.Weu, “Sistem Informasi Customer Relationship Management Pada Toko Nahl Bordir”.

A.A.Rangga, S.N.Alam, M.R.Widiyantoro,F.M.A.Syifa’a, D.S.Sasono,Y.Edowai, “Sistem Informasi Presensi Harian Pada SMK Hikmah Yapis Jayapura”.

Salahudin Robo, Andrian Sah, Andri Tri Sidarmawan, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Pengembangan Sistem Informasi E-Learning (Studi Kasus: SMP Negeri 5 Jayapura)’,2021.

Frendy Rocky Rumambi, Salahudin Robo, Citra Amalia, “Identifikasi Dampak Penggunaan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Terhadap Pelayanan Kesehatan Menggunakan Hot-Fit Model 2006”, 2020.

Salahudin Robo, Muh Riandi Widiyantoro, Adi Putra Mika Surya Negara, “Sistem Informasi Pelayanan Barberhome Berbasis Website (Studi Kasus: Barbershop D’Goenting)”, 2022