SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA TOKO NAHL BORDIR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Nahl Bordir merupakan salah satu Toko pakaian di Kota Jayapura, Toko Nahl Bordir mempunyai beragam produksi seperti pembuatan kaos, kameja, seragam, jaket training dan lain-lain. Permasalahan yang terjadi yaitu pihak toko sulit memberi informasi terkait produk kepada pelanggan. Pada saat ini kondisi penggunaan sistem pemasaran pada took Nahl Bordir masih menggunakan sistem konvensional, selain itu palanggan harus menunggu lama untuk proses pemesanan, pelanggan harus datang ke toko jika ingin mengetahui promo-promo. Oleh karena itu perlu adanya sistem informasi pelayanan pelanggan berbasis Customer Relationship Management (CRM) yang dapat mengelola data Toko Nahl Bordir dan memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi untuk mengelola data pelanggan, data produk dan mengirim informasi via email
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Saryatmo, M, 2015, Kinerja Customer Relationship Mnagement dalam industri, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, VOI. 5, No. 2, Jakarta.
Fauzi, A, 2017, Untuk peningkatan kualitas pelayanan melalui Customer Relationship Management, Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi (RESTI), VOI. 1, No. 1, Malang
Marsono, D, 2015, Basis Data, Jurnal Manajemen dan Bisnis, VOI. 2, No. 1, Yogyakarta.
Purnama, S, C, 2018, Customer Relationship Management (CRM), Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, VOI. 4, No. 1, Bogor.
Rosa, A, S, dan Shalahuddin, M, 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.