http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/gl/issue/feed G-Literasi - Jurnal Pendidikan dan Keguruan 2023-07-26T14:40:00+09:00 Open Journal Systems <p><strong>G-Literasi</strong> adalah Jurnal Pendidikan dan Keguruan yang mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah dan hasil penelitian dengan buah pikiran mencakup pendidikan dan pembelajaran guru, meliputi kurikulum, metode, strategi, alat, manajemen pendidikan guru dan juga bentuk hasil kajian, hasil penelitian, gagasan konseptual, dan pengalaman-pengalaman empiris dalam Pendidikan Guru.</p> http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/gl/article/view/391 Analisis Butir Soal Ujian Konsep Dasar Matematika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Yapis Papua 2023-07-21T07:30:33+09:00 Tri Kurniah Lestari trikurniah@gmail.com Luluk Wahyu Nengsih luluk@gmail.com Ahmad Buchori buchori@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan penilaian pada mata kuliah konsep dasar matematika. Soal ujian yang digunakan oleh dosen hendaknya diuji kelayakannya terlebih dahulu untuk mengetahui masing-masing butir soal dapat digunakan untuk mengukur kompetensi yang akan diukur. Penelitian ini dilakukan dengan metode Deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan 90% soal berkategori valid dan 10% soal berkategori tidak valid, tingkat reliabilitas tinggi dengan R1 sebesar 0.83, tingkat kesukaran soal dengan presentase sebesar 15% soal termasuk sedang dan 85% soal termasuk kategori sangat tinggi, pada tingkat daya beda terdapat 35% atau sebanyak 7 soal berkategori daya pembeda baik, 55% atau sebanyak 11 soal berkategori sedang dan 10% atau sebanyak 2 soal berkategori Buruk. Sedangkan analisis fungsi pengecoh menunjukkan 10% pengecoh soal berfungsi dengan baik yang terdapat pada 18 butir soal dan 90% pengecoh soal yang tidak berfungsi yang tersebar pada 20 butir soal.</p> 2023-07-26T00:00:00+09:00 Hak Cipta (c) 2023 G-Literasi - Jurnal Pendidikan dan Keguruan http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/gl/article/view/395 Pengaruh Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Jayapura 2023-07-22T02:33:12+09:00 Nurul Mutmainnah nmutmainnah00@gmail.com Putri Febrianty Khoirunnisah putri@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan berpaku terhadap hasil <br />belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain <br />penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Pengambilan sample menggunakan <br />teknik Purposive Sampling, penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III SD Hikmah Yapis. <br />Sampel penelitian berjumlah 2 kelas III SD Hikmah Yapis. Data yang dikumpulkan adalah tes dan <br />observasi. Analisis data menggunakan independent sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil <br />penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media <br />papan berpaku secara signifikan lebih berpengaruh daripada siswa yang mengikuti pembelajaran <br />tanpa media dan hanya menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 0.742&gt;0,05). Kesimpulan <br />bahwa media papan berpaku dapat diterapkan oleh guru menjadi salah satu media yang memberi <br />pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika.</p> 2023-07-26T00:00:00+09:00 Hak Cipta (c) 2023 G-Literasi - Jurnal Pendidikan dan Keguruan http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/gl/article/view/418 Strategi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Yapis Wamena 2023-07-25T14:55:07+09:00 Samuel Mamonto samuelmamonto16@gmail.com Andi Annisa Nurlia Mamonto annisa@gmail.com <p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi pembelajaran tatap muka <br />terbatas dan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung strategi pembelajaran tatap <br />muka terbatas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Yapis Wamena. Jenis penelitian ini<br />adalah deskriptif kualitatif , jenis dan sumber data penelitian adalah jenis data primer yang bersumber <br />dari guru Bahasa Indonesia, waka kurikulum dan kepala sekolah, teknik pengambilan sumber data <br />menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, <br />wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan lima tahapan yaitu identifikasi <br />masalah, pengumpulan data, processing data, verification dan conclusion. Hasil penelitian adalah (a) <br />strategi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran pendidikan Bahasa Indonesia adalah <br />menggunakan pembelajaran online, pemberlakuan shifting, menggunakan metode pembelajaran <br />bervariasi, pembagian alokasi waktu jam pembelajaran dan berlajar dari rumah, (b) faktor <br />penghambat strategi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK <br />Yapis Wamena adalah waktu pembelajaran terbatas, rombel siswa melebihi jumlah ruang kelas yang <br />tersedia, tidak semua siswa memiliki media pembelajaran online, jaringan internet tidak memadai <br />bagi siswa dan faktor pendukung adalah tersedianya modul pembelajaran dan buku panduan, <br />tersediang google classroom,whatsapp dan laptop dan tersedianya jadwal pembelajaran tatap muka <br />terbatas.</p> 2023-07-26T00:00:00+09:00 Hak Cipta (c) 2023 G-Literasi - Jurnal Pendidikan dan Keguruan http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/gl/article/view/393 Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Pembelajaran Daring (Asynchronous) Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kota Jayapura 2023-07-21T11:26:45+09:00 Ernawati ernrandanan@gmail.com <p><strong>Abstrak. </strong>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan menyimak menggunakan media video animasi berbasis daring pada kelas V SD Hikmah I Yapis Kota Jayapura. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Desain yang digunakan yaitu <em>Non Equivalent Control Group Design</em> terdiri dari dua kelompok yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik <em>random sampling</em>. Dari hasil pengujian menggunakan uji sample t test terhadap keterampilan menyimak didapatkan nilai signifikansi Levene’s Test for Equality adalah 0,730 &gt; 0,05, nilai tersebut menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini bersifat homogen nilai signifikan (Sig2-tailed) 0,00 &lt; 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan menyimak menggunakan media video animasi dengan pembelajaran konvensional. Nilai t hitung 5,614 &gt; t tabel 2,001, Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan untuk keterampilan menyimak menggunakan media video animasi. Selain itu, dari hasil uji <em>Independent Sampel t-test</em> didapat nlai sig 0,00 &lt; 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh secara simultan penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa.</p> 2023-07-26T00:00:00+09:00 Hak Cipta (c) 2023 G-Literasi - Jurnal Pendidikan dan Keguruan http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/gl/article/view/396 Penerapan Metode Storytelling Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di SDN Inpres Ardipura III Jayapura 2023-07-22T08:45:26+09:00 Tenri Ugi Irianto gimutaugust89@gmail.com Miftakhul Khusniah miftakhul@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran minat belajar siswa kelas 1 di SDN &nbsp;Inpres Ardipura III Jayapura dan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui metode <em>Storytelling</em>&nbsp;pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas 1 di SDN &nbsp;Inpres Ardipura III Jayapura.</p> <p>Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan metode: 1) Instrumen penelitian adalah peneliti sebagai instrumen&nbsp;kunci/peneliti, 2) Jenis dan sumber data adalah data primer yang bersumber dari guru kelas 1 A, Kelas 1 B&nbsp;dan siswa.&nbsp;Data &nbsp;sekunder yang bersumber dari referensi yang relevan dengan masalah yang diteliti, 3) Teknik pengambilan sumber data dengan cara <em>purposive, </em>4) Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, 5) Teknik analisis keabsahan data mengunakan uji <em>Credibility</em>, uji <em>Transferability</em>, uji <em>Dependability</em>, uji <em>Kofermability</em>, 6) Teknik analisis data dengan cara data <em>Reduction</em>&nbsp;(Reduksi data), data <em>Display</em>&nbsp;(Penyajian data), &nbsp;kesimpulan (<em>Conclusion</em>).</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran minat belajar siswa kelas 1 di SDN Inpres Ardipura III Jayapura, yaitu 1) perasaan senang siswa belajar bahasa Indonesia, 2) perhatian siswa belajar Bahasa Indonesia, 3) keaktifan siswa belajar Bahasa Indonesia. Penerapan metode <em>storytelling </em>dalam meningkatkan minat belajar siswa &nbsp;pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I di SDN Inpres Ardipura III Jayapura yaitu: 1) metode pembelajaran yang bervarias, 2) bertanya aktif kepada siswa, 3) pemberian hadiah, 4) memberikan evaluasi</p> 2023-07-26T00:00:00+09:00 Hak Cipta (c) 2023 G-Literasi - Jurnal Pendidikan dan Keguruan