Strategi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Yapis Wamena
DOI:
https://doi.org/10.55098/gl.v1i2.418Kata Kunci:
Pembelajaran, Tatap Muka TerbatasAbstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi pembelajaran tatap muka
terbatas dan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung strategi pembelajaran tatap
muka terbatas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Yapis Wamena. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif , jenis dan sumber data penelitian adalah jenis data primer yang bersumber
dari guru Bahasa Indonesia, waka kurikulum dan kepala sekolah, teknik pengambilan sumber data
menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan lima tahapan yaitu identifikasi
masalah, pengumpulan data, processing data, verification dan conclusion. Hasil penelitian adalah (a)
strategi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran pendidikan Bahasa Indonesia adalah
menggunakan pembelajaran online, pemberlakuan shifting, menggunakan metode pembelajaran
bervariasi, pembagian alokasi waktu jam pembelajaran dan berlajar dari rumah, (b) faktor
penghambat strategi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK
Yapis Wamena adalah waktu pembelajaran terbatas, rombel siswa melebihi jumlah ruang kelas yang
tersedia, tidak semua siswa memiliki media pembelajaran online, jaringan internet tidak memadai
bagi siswa dan faktor pendukung adalah tersedianya modul pembelajaran dan buku panduan,
tersediang google classroom,whatsapp dan laptop dan tersedianya jadwal pembelajaran tatap muka
terbatas.