Penerapan Metode Storytelling Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di SDN Inpres Ardipura III Jayapura

Penulis

  • Tenri Ugi Irianto
  • Miftakhul Khusniah Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.55098/gl.v1i2.396

Kata Kunci:

Metode Storytelling, Minat belajar, Pelajaran Bahasa Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran minat belajar siswa kelas 1 di SDN  Inpres Ardipura III Jayapura dan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui metode Storytelling pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas 1 di SDN  Inpres Ardipura III Jayapura.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan metode: 1) Instrumen penelitian adalah peneliti sebagai instrumen kunci/peneliti, 2) Jenis dan sumber data adalah data primer yang bersumber dari guru kelas 1 A, Kelas 1 B dan siswa. Data  sekunder yang bersumber dari referensi yang relevan dengan masalah yang diteliti, 3) Teknik pengambilan sumber data dengan cara purposive, 4) Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, 5) Teknik analisis keabsahan data mengunakan uji Credibility, uji Transferability, uji Dependability, uji Kofermability, 6) Teknik analisis data dengan cara data Reduction (Reduksi data), data Display (Penyajian data),  kesimpulan (Conclusion).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran minat belajar siswa kelas 1 di SDN Inpres Ardipura III Jayapura, yaitu 1) perasaan senang siswa belajar bahasa Indonesia, 2) perhatian siswa belajar Bahasa Indonesia, 3) keaktifan siswa belajar Bahasa Indonesia. Penerapan metode storytelling dalam meningkatkan minat belajar siswa  pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I di SDN Inpres Ardipura III Jayapura yaitu: 1) metode pembelajaran yang bervarias, 2) bertanya aktif kepada siswa, 3) pemberian hadiah, 4) memberikan evaluasi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-26