http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/atjkk/issue/feed At-Ta'dib : Jurnal Kependidikan dan Keagamaan 2024-03-13T03:30:29+09:00 Dr. Hasruddin Dute, S.Pd.I. M.Pd.I. hasruddindute@uniyap.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal At-Ta’dib ini berisi tulisan-tulisan ilmiah tentang kajian dan penelitian Pendidikan Islam secara umum dan Pendidikan Agama Islam secara khusus serta kajian terkait. Di dalamnya di muat buah pikiran mencakup pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), meliputi kurikulum, metode, strategi, alat, manajemen pendidikan Islam dan juga bentuk hasil kajian, hasil penelitian, gagasan konseptual, dan pengalaman-pengalaman empiris dalam Pendidikan Islam. Dalam perkembangannya Jurnal At-Ta’dib ini membuka akses dan kontribusi dalam maupun dari luar negeri yang memiliki perhatian terhadap Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam untuk mencurahkan hasil kajian dan pemikirannya dalam bentuk artikel.</p> http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/atjkk/article/view/534 UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA MANDALA TRIKORA JAYAPURA 2024-01-11T03:08:20+09:00 Hawaisha Samsuddin hawasyam61@gmail.com Neti S admin@uniyap.ac.id Izzatul Laili admin@uniyap.ac.id <p><em>The objectives of this study are: (1) to know and explain the description of the religious character of students at SMA mandala trikora jayapura, (2) to know and explain the efforts of Muslim teachers in shaping the religious character of students at SMA mandala trikora jayapura.This type of research is a type of qualitative deskrti research, which uses the researcher method: The research instrument is the researcher as the key instrument, by conducting observations, interviews, and documentation. Types and sources of data are primary data from teachers and students and secondary data from documents and books, data source retrieval techniques using purposive techniques and snowballing techniques, data validity analysis techniques using credibility tests, transferability tests, depandebility tests, confirmability and data analysis techniques using data reduction, data display, and verification. The results of the research are</em><em>: </em><em>(1) The description of the character of students at SMA Mandala Trikora Jayapura has different characters, among which there are students when spoken to directly respond well or are more closed, there are many students who respect their teachers but there are also those who lack respect and consider it a common thing (2) The efforts of Islamic religion teachers to shape the religious character of students at SMA Mandala Trikra Jayapura are by familiarizing and giving examples of how to show good morals by instructing them to speak, act, and do good in accordance with what is expected both in accordance with Islamic teachings, respect for religion, provide examples that foster confidence in the duties of students, and recognize students who have good religious behavior and punish those with bad behavior.</em></p> 2024-03-13T00:00:00+09:00 Copyright (c) 2024 At-Ta'dib : Jurnal Kependidikan dan Keagamaan http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/atjkk/article/view/537 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MADRASAH ALIYAH BAITURRAHIM JAYAPURA 2024-01-22T01:32:52+09:00 Siti Nurhayati kozakuhayati@gmail.com Hasruddin Dute admin@uniyap.ac.id Zaidir admin@uniyap.ac.id <p>Investigasi yang dilakukan saat ini bertujuan untuk menyelidiki dua aspek perilaku keagamaan siswa di Madrasah Aliyah Baiturrahim Jayapura: (1) bagaimana ciri-cirinya; dan (2) bagaimana pembelajaran aqidah akhlak dimasukkan ke dalam mata kuliah pembentukan perilaku keagamaan siswa.</p> <p>Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian ini. Pendekatannya adalah sebagai berikut: (1) Peneliti berfungsi sebagai alat penelitian. (2) Jenis dan sumber data: data primer yang diperoleh dari guru dan siswa pada Aqidah Akhlak. data sekunder yang diperoleh dari sumber-sumber terkait antara lain buku, jurnal, skripsi, makalah, dan lain-lain, (3) Cara memperoleh informasi yang meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi (4) Sistem analisis keabsahan data yang meliputi konfirmabilitas, ketergantungan, keyakinan, dan uji transferabilitas (5) Metode eliminasi data untuk analisis data.</p> <p>Hasil penelitian pertama menyatakan tentang perilaku keagamaan siswa MA Baiturrahim Jayapura. Meskipun beberapa siswa menghormati dan patuh kepada guru baik di dalam maupun di luar kelas, guru bidang kesiswaan dan guru dapat menghadapi orang-orang seperti ini. keyakinan moral. (2) Pengajaran keimanan dan akhlak dalam program pembiasaan sekolah yaitu salat Dhuha dan salat Dzuhur berjamaah merupakan bagaimana pelaksanaan keyakinan akhlak guna membentuk perilaku keagamaan yang diharapkan siswa di MA Baiturrahim Jayapura. menanamkan keutamaan ajaran Islam, seperti ketaqwaan kepada Allah SWT, integritas, keikhlasan, kegigihan, dan amanah.</p> 2024-03-13T00:00:00+09:00 Copyright (c) 2024 At-Ta'dib : Jurnal Kependidikan dan Keagamaan http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/atjkk/article/view/544 Peranan Masjid al-Muhajirin Sebagai Sarana Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat Muslim Di Pulau Kosong Kota Jayapura 2024-01-22T15:15:16+09:00 Umi Kalsum Umi umikalsum9974@gmail Hasruddin Dute hasruddindute21@gmail.com Zaidir Zaidir@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Masjid al-Muhajirin sebagai sarana pendidikan agama Islam pada masyarakat muslim di Pulau Kosong dan faktor pendukung dan penghambat pendidikan agama Islam di Masjid al-Muhajirin Pulau Kosong. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian yaitu Masjid al-Muhajirin Pulau Kosong Jayapura, instrumen penelitian yaitu peneliti itu sendiri, Jenis dan Sumber Data yaitu Data Primer bersumber dari imam dan guru ngaji di Masjid al-Muhajirin Pulau Kosong, bapak kepala suku Youwe, pak RT Pulau Kosong, anggota BAZNAS Provinsi Papua dan masyarakat Pulau Kosong, dan Data Sekunder yang bersumber dari skripsi dan jurnal dari penelitian terdahulu, buku dan dokumen lainnya, Teknik Pengambilan Sumber Data yaitu menggunakan teknik <em>Purposive</em> dan<em> Snowball</em>, Teknik Pengumpulan Data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, Teknik Analisis Keabsahan Data yaitu menggunakan Uji <em>Credibility</em>, Uji <em>Transferability</em>, Uji <em>Dependability</em>, dan Uji <em>Confirmability</em>, Teknik Analisis data yaitu reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) peran Masjid al-Muhajirin sebagai sarana pendidikan agama Islam pada masyarakat Pulau Kosong memiliki peranan yang sangat penting dalam meningakatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt. berikut peran Masjid al-Muhajirin sebagai sarana pendidikan agama Islam yaitu: (a), masjid sebagai tempat beribadah shalat. (b), masjid sebagai tempat pendidikan al-Qur’an. (c), masjid sebagai pusat dakwah. (2) faktor pendukung pendidikan agama Islam di Masjid al-Muhajirin Pulau Kosong yaitu sarana dan prasarana yang memadai, adanya pembinaan keagamaan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Papua dan adanya pembinaan keagamaan dari dosen Universitas Yapis Papua, Fakultas Agama Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam. faktor penghambat pendidikan agama islam di Masjid al-Muhajirin Pulau Kosong yaitu letak masjid yang jauh dari perkotaan sehingga kurang strategis, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan agama Islam, kurangnya tokoh agama, belum adanya remaja masjid.</p> 2024-03-13T00:00:00+09:00 Copyright (c) 2024 At-Ta'dib : Jurnal Kependidikan dan Keagamaan http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/atjkk/article/view/535 STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGATASI MASALAH SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR'AN (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 6 SKOW JAYAPURA) 2024-01-11T13:14:44+09:00 Rahman Sunarto rahmansunarto97@gmail.com Neti S admin@uniyap.ac.id Ratnawati admin@uniyap.ac.id Ratnawati - admin@uniyap.ac.id <p>Penelitian ini ditujukan guna menemukan sebesar apakah tantangan siswa SMA Negeri 6 Skow Jayapura dalam membaca Al-Qur’an; dan memastikan metode yang diterapkan oleh pengajar agama Islam dalam upaya membantu siswa dan peserta didik yang mendapati kesulitan dalam membaca Al-Qur’an yang terdapat di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Skow Jayapura. Penelitian ini menggunakan desain dan metodologi penelitian kualitatif yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, peneliti berperan sebagai instrumen penelitian utama; kedua, pengumpulan data primer dan sekunder terhadap guru dan siswa pendidikan agama Islam dari referensi yang relevan; ketiga, sumber data ditemukan dengan menggunakan metode yang tepat dan snowball; keempat, adapun metode pengumpulan data yakni mencakup observasi atau pengamatan langsung ke lokasi, wawancara dialog dengan narasumber, serta melakukan pendokumentasian selama penelitian. Sedangkan metode analisis keabsahan data yang diterapkan meliputi uji reliabilitas, uji transferabilitas, uji reliabilitas, dan uji co-closure. Metode analisis data yang diterapkan kemudian meliputi reduksi data dengan melakukan seleksi data yang secara ketat serta memilah data yang dipakai dan tidak, penyajian data dengan teknik deskriptif-analitis, serta yang terakhir yakni membuat penyimpulan berdasarkan data-data yang ditemukan dan analisis yang telah dilakukan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan adanya tingkat kesulitan siswa dalam mereka membaca kitab suci Al-Qur'an yang bervariasi. Tantangan tersebut antara lain memperhatikan kaidah membaca Al-Qur’an (tajwid), mengenali huruf-huruf dalam tajwid, dan membedakan tajwid panjang dan pendek. Berdasarkan tantangan-tantangan tersebut, terdapat komponen-komponen hukum tajwid lain yang sulit dilaksanakan, seperti tantangan dalam pengucapan huruf (huruf makharijul) dan memahami variasi bentuk huruf hijaiyyah dilanjutkan dengan tambahan huruf hijaiyyah dan tantangan hukum mad (bab panjang), Ustadz menggunakan tadrus berjamaah—kelas satu jam lebih efektif menjajah dan mengevaluasi siswa sebagai strategi menyiasati tantangan menyuruh siswa membaca Alquran.</p> 2024-03-13T00:00:00+09:00 Copyright (c) 2024 At-Ta'dib : Jurnal Kependidikan dan Keagamaan http://jurnal.uniyap.ac.id/uyp/index.php/atjkk/article/view/538 PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS 7 DI MADRASAH TSANAWIYAH BAITURRAHIM JAYAPURA 2024-01-22T03:07:07+09:00 Safira Sofiyah Nuha safiranuha25@gmail.com Muhamad Thoif admin@uniyap.ac.id Zaidir admin@uniyap.ac.id <p>Tujuan dari dilakukannya penelitian ini sebagai berikut: (1) mengukur pengaruh media sosial TikTok pada akhlak siswa kelas 7 di MTs Baiturrahim Jayapura, (2) mengukur dampak penggunaan media sosial pada akhlak siswa kelas 7 di MTs Baiturrahim Jayapura. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan penyebaran angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berlokasi di MTs Baiturrahim Jayapura. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 7 sebanyak 76 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh yang memakai semua populasi karena kurang dari 100. Sehingga sampel yang diambil adalah 76 siswa.&nbsp;</p> <p>Hasil penelitian : (1) Media Sosial TikTok berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Akhlak Siswa kelas 7 di MTs Baiturrahim Jayapura. Ini ditunjukkan dengan nilai thitung = -1,243 yang lebih rendah dari nilai ttabel sebesar 1,99300. Dengan nilai signifikansi 0,218 yang lebih tinggi dari nilai signifikansi standar 0,05. Media sosial TikTok berpengaruh pada akhlak siswa dengan nilai koefisien determinasi 2%. Dengan demikian, penggunaan <em>Socmed </em>(<em>Social Media</em>) tiktok meberikan dampak yang sangat rendah terhadap akhlak siswa kelas 7 di MTs Baiturrahim Jayapura. (2) Dampak penggunaan Media Sosial TikTok berakibat buruk jika mengalami penambahan penggunaan Media Sosial TikTok yang mana akan menyebabkan penurunan kualitas Akhlak Siswa yang akan mengakibatkan siswa mempunyai rasa malas dalam melakukan sesuatu, lalai dan lupa dengan kewajiban mereka seorang siswa yang diberikan oleh pendidik sekolah serta kesantunan kesopanan para siswa tentunya akan berkurang.</p> 2024-03-13T00:00:00+09:00 Copyright (c) 2024 At-Ta'dib : Jurnal Kependidikan dan Keagamaan