PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DAN TANTANGANNYA TERHADAP DUNIA GLOBAL

Authors

  • Muhammad Abdul Mukti Universitas Yapis Papua

Keywords:

Pendidikan Islam, Sisdiknas, Tantangan global

Abstract

Tantangan dan Problematika Pendidikan Islam kita saat ini sangat komplek. Bahkan secara sistem, metodologi, kurikulum dan sarana prasananya lebih lengkap dibanding pada masa awal Islam. Namun mengapa pada zaman Rasulullah saw mampu menelurkan peserta didik yang berkualitas dan beraklakul karimah, Sedangkan saat ini pendidikan kita baru mampu menciptakan peserta didik yang pintar, namun aklaknya bermasalah. Thomas Arnold dalam bukunya The Preacing Of Islam mengatakan bahwa Sistem pendidikan Islam di Indonesia sudah berkembang sejak abad pertama Islam datang ke Indonesia (Sekitar tahun 614 M), namun sayangnya sistem Pendidikan Islam di Indonesia baru diakui secara resmi pada tahun 2003. Hal tersebut ditandai dengan lahirnya Undangundang Nomor 20 Tahun 2003 yang secara eksplisit mengakui lembaga pendidikan Islam dari tingkat dasar sampai tingkat menengah (RA, MI, MTs, MA dan MAK). Pendidikan Islam telah menampilkan dirinya sebagai pendidikan yang fleksibel, responsif, sesuai dengan perkembangan zaman, berorientasi ke masa depan dan dinamis. Demikian pula dengan Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam yang telah muncul dan berkembang seiring dengan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia, mengalami perubahan dan penyusuian zaman yang dihadapkan dengan kebutuhan dan tuntutan zaman yang semakin maju dan modern. Perubahan bentuk awal madrasah dari pengajian dirumahrumah, mushalla, masjid menjadi lembaga formal sekolah sebagaimana yang kita kenal saat ini.

Published

2021-08-26