Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Islam Al- Azhar 2 Pejaten

Authors

  • Sayuti Hamdani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

Sistem Kelola Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karaktristik sistem kelola lembaga pendidikan Islam berbasis sekolah dalam mewujudkan lembaga pendidikan islam yang profesional dengan prinsip manajemen yang akuntabel, demokratis dan transparan. penelitian ini mengambil setting di SMP Islam al- Azhar 2 Pejaten Jakarta Selatan sebagai wakil sekolah dibawah lembaga pendidikan Islam yang menerapkan sistem manajemen pendidikan berbasis sekolah. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif yang dilaksanakan di SMP Islam al- Azhar 2 Pejaten Jakarta Selatan. Adapun sumber data dalam penelitian adalah pertama data primer berupa dokumen resmi SMP Islam al- Azhar 2 Pejaten yang meliputi: dokumen resmi sekolah berupa Buku laporan tahunan sekolah,Panduan Kurikulum, buku panduan komite sekolah hasil wawancara, dan hasil observasi. Kedua,data sekunder berupa qualitatif document seperti buku – buku ,tesis, jurnal, dokumen - dokumen serta sumber data pendukung lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi sistem kelola Berbasis Sekolah di SMP Islam Al- Azhar 2 Pejaten terwujud dengan adanya distribusi otonomi dari tingkat yayasan ke tingkat sekolah. penerapan manajemen berbasis sekolah di SMP Islam AlAzhar 2 Pejaten digolongkan dalam kategori moderat (sedang). Yayasan Pesantren Islam AlAzhar (YPI) memiliki wewenang sebagai pemberi pertimbangan dan penanggung jawab seperti pertimbangan adanya kekurangan guru, memberikan pertimbangan tentang anggaran sekolah dan pertimbangan tentang sarana Kedua, Pada aspek pemberian wewenang ke sekolah, sekolah diberi wewenang atas operasional sekolah seperti pegembngan SDM, pengembangan dan pelaksanaan kurikulum, peningkatan media pembelajaran seperti peningkatan perpustakaan, laboratorium, ruang kelas dan lain – lain. pemberian otonomi kepada sekolah berdampak kepada peningkatan akuntabilitas, transparansi dan demokratis sehingga terbukti meningkatkan mutu pendidikan di SMP Islam Al- Azhar 2 Pejaten.

Downloads

Published

2020-12-09