IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU RELIGIUS SISWA DI MADRASAH ALIYAH BAITURRAHIM JAYAPURA

Authors

  • Siti Nurhayati Universitas Yapis Papua
  • Hasruddin Dute Universitas Yapis Papua
  • Zaidir Universitas Yapis Papua

Keywords:

Implementasi Pembelajaran, Akidah Akhlak

Abstract

Investigasi yang dilakukan saat ini bertujuan untuk menyelidiki dua aspek perilaku keagamaan siswa di Madrasah Aliyah Baiturrahim Jayapura: (1) bagaimana ciri-cirinya; dan (2) bagaimana pembelajaran aqidah akhlak dimasukkan ke dalam mata kuliah pembentukan perilaku keagamaan siswa.

Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian ini. Pendekatannya adalah sebagai berikut: (1) Peneliti berfungsi sebagai alat penelitian. (2) Jenis dan sumber data: data primer yang diperoleh dari guru dan siswa pada Aqidah Akhlak. data sekunder yang diperoleh dari sumber-sumber terkait antara lain buku, jurnal, skripsi, makalah, dan lain-lain, (3) Cara memperoleh informasi yang meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi (4) Sistem analisis keabsahan data yang meliputi konfirmabilitas, ketergantungan, keyakinan, dan uji transferabilitas (5) Metode eliminasi data untuk analisis data.

Hasil penelitian pertama menyatakan tentang perilaku keagamaan siswa MA Baiturrahim Jayapura. Meskipun beberapa siswa menghormati dan patuh kepada guru baik di dalam maupun di luar kelas, guru bidang kesiswaan dan guru dapat menghadapi orang-orang seperti ini. keyakinan moral. (2) Pengajaran keimanan dan akhlak dalam program pembiasaan sekolah yaitu salat Dhuha dan salat Dzuhur berjamaah merupakan bagaimana pelaksanaan keyakinan akhlak guna membentuk perilaku keagamaan yang diharapkan siswa di MA Baiturrahim Jayapura. menanamkan keutamaan ajaran Islam, seperti ketaqwaan kepada Allah SWT, integritas, keikhlasan, kegigihan, dan amanah.

Published

2024-03-13