STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH BAITURRAHIM JAYAPURA

Authors

  • Adi Putra Irawan Universitas Yapis Papua
  • Neti S Universitas Yapis Papua
  • Izzatul Laili Universitas Yapis Papua

Keywords:

Strategi Guru, Prestasi Belajar Siswa, Aqidah Akhlak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Baiturrahim Jayapura. dan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Baiturrahim Jayapura. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Sumber data didapatkan dari peserta didik, kepala sekolah, guru Aqidah Akhlak dan buku, hasil penelitian, dan dokumen-dokumen. Analisis datanya display, verifikasi dan pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berprestasi pada pelajaran Akidah Akhlak hal ini dapat dilihat dari nilai yang didapatkan peserta didik dengan nilai 90 sampai dengan 100 atau telah mencapai ketuntasan dan memenuhi KKM. Strategi pembelajaran yang digunakan guru Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Baiturrahim Jayapura dengan pendekatan guru dalam pembelajaran yaitu pendekatan inquiry apresiatif dan kontekstual, sedangkan metode guru yang dipakai yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. dan media guru yang digunakan dalam pembelajaran yaitu saat online menggunakan media WhatsAap, Zoom, Youtube dan Google Drive sedangkan saat pembelajaran offline yaitu menggunakan media Buku, Leptop, Video, Film dan Proyektor LCD.

Downloads

Published

2023-08-08