STRATEGI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) YAPIS WAMENA

Authors

  • Samuel Mamonto Universitas Yapis Papua

Keywords:

Pembelajaran, Tatap Muka Terbatas

Abstract

Fokus Penelitian ini adalah (a) strategi pembelajaran tatap muka terbatas pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yapis Wamena.strategi pembelajaran tatap muka terbatas pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yapis Wamena, (b) faktor Penghambat dan faktor pendukung Strategi pembelajaran tatap muka terbatas pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yapis Wamena.

Jenis Penelitian adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode (a) jenis dan sumber data penelitian adalah jenis data primer yang bersumber dari guru Bahasa Indonesia waka kurikulum dan kepala sekolah, (b) teknik pengambilan sumber data menggunakan teknik purposive dan snowbel, (c) teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi (d) teknik analisis data menggunakan lima tahapan yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, processing data, verification dan conclusion.

Hasil penelitian adalah (a) strategi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah menggunakan pembelajaran online, pemberlakuan shifting, menggunakan metode pembelajaran bervariasi, pembagian alokasi waktu jam pembelajaran dan berlajar dari rumah, (b) faktor penghambat strategi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan Yapis Wamena adalah waktu pembelajaran terbatas, rombel siswa melebihi jumlah ruang kelas yang tersedia, tidak semua siswa memiliki media pembelajaran online, jaringan internet tidak memadai bagi siswa dan faktor pendukung adalah tersedianya modul pembelajaran dan buku panduan, tersedianya googleclassroom, whatsapp dan laptop dan tersedianya jadwal pembelajaran tata muka terbatas.

Downloads

Published

2023-08-08