MANAJEMEN SEKOLAH DAN PEMBELAJARAN YANG MENCERDASKAN
Abstract
Artikel ini menjelaskan bagaimana cara menerapkan majemen sekolah dan bagaimana strategi pembelajaran yang dapat mencerdaskan siswa. Manajemen sekolah tidak terlepas dari pembahasan manajemen secara umum. Diperlukan fungsi-fungsi manajemen dalam melaksanakan proses manajemen sekolah dengan merancang, menetapkan dan mengembangkan tindakan yang ingin di capai sekolah, mengatur tugas dan wewenang tenaga pendidik dan kependidikan kapan dikerjakan, dan apa targetnya. Kemudian menggerakan seluruh komponen sekolah berusaha untuk mencapai tujuan yang di inginkan sekolah dan selanjutnya mengevaluasi kegiatan untuk menjamin bahwa semua komponen pendidikan menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai dengan perencanaan. Strategi pembelajaran yang mencerdaskan melalui tahapan-tahapan yang harus dilkukan untuk memperoleh hasil yang optimal. Pertama, melibatkan seluruh kecerdasan yang ada pada peserta didik melalui reposisi pada kurikulum dengan merubah tujuan Instruksional khusus yang menjadi kompetensi yang diharapkan. Kedua mengoptimalkan pencapaian mata pelajaran tertentu berdasarkan kecerdasan yang menonjol pada masing-masing siswa untuk mengetahui kecerdasan apa yang lebih menonjol pada setiap siswa