NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN BUDAYA
Keywords:
Membangun, Pendidika Agama, Kearifan LokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai budaya Bugis dalam pendidikan Islam di perguruan tinggi. Dalam penelitian menggunakan penelitian etnografi. Membangun kerukunan umat beragaman dalam pendidikan nilai kearifan lokal masih sangat relevan untuk diterapkan oleh seluruh mahasiswa. Hal ini, tercermin dari sikap mahasiswa melalui disiplin dan tanggung jawab. Kedisiplinan dan tanggung jawab mahasiswa untuk menjaga harga diri, martabat. Cerminan dari Pluralitas yang berfungsi sebagai ruh mahasiswa dalam proses pendidikan nilai-nilai. Konsep pembelajaran budaya dalam pendidikan agama Islam memberikan nilai-nilai penghormatan seperti Sipakatau (saling memberi informasi), Sipakalebbi (Saling Menghormati), Sipakaingge (Saling Mengingatkan), Sipakatou (Saling Berbagi). Menghargai perdamaian, senang membantu sesama, apalagi jika mereka sesama manusia. Sehingga pendidikan budaya Bugis sejalan dengan nilai-nilai Pluralitas yang tumbuh dan berkembang di Indonesia