AKTUALISASI POTENSI DIRI MELALUI PENGEMBANGAN SOFT SKILL
Studi Pengembangan Soft Skill Siswa Di SMKN 41 Jakarta
Keywords:
Aktualisasi, Potensi Diri, Soft SkillAbstract
Kesimpulan dalam tulisan ini menunjukkan bahwa pada dasarnya sekolah harus mampu mengeksplorasi potensi diri siswanya dengan mengembangkan secara bersamaan kemampuan Soft skills, hard skills dan life skills, dengan tujuan ketika lulus nanti siswa menjadi orang yang sukses dan berkarakter, sekalipun dalam praktiknya tidak mudah untuk dilaksanakan. Proses pengembangan soft skill berpikir kritis siswa di SMKN 41 Jakarta dikembangkan melalui proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Proses pembelajaran di kelas dilaksanakan salah satunya melalui penguatan literasi nomeras dalam pembelajaran matematika, dan Kemampuan soft skill kreatif dan inofatif yang dilaksanakan melalui program melalui Enterepneurship (kewirausahaan). Melalui program ini siswa terlatih mandiri baik secara ekonomi, sebab siswa yang kreatif akan selalu mencari peluang bisnis untuk menambah penghasilan sehingga tidak hanya bergantung kepada orang tuanya. Siswa yang kreatif dan inovatif selalu mampu untuk memanfaatkan segala potensi yang ada di sekitarnya sehingga dirinya akan tumbuh produktif. Pengembangan soft skill siswa di SMKN 41 Jakarta secara umum berhasil, terbukti dengan keberhasilan sekolah untuk menempatkan siwanya untuk bekerja dan melakukan praktik kerja lapangan pada instansi, perusahaan dan industri yang memiliki reputasi yang bagus. Karena secara umum DU dan DI merasa puas dengan kemampuan soft skills, baik soft skill kemampuan berpikir kritis dan kreatif dan inovatif yang dimiliki siswa. Siswa merasa lebih percaya diri (self compident) dalam membangun komunikasi dan relasi sosialnya, baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat