Pengaruh Sanksi Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sosialisasi Wajib Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada KKP Pratama Jayapura Selama Masa Pandemi Covid-19)
Keywords:
Sanksi Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sosialisasi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribad, KPP Pratama JayapuraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Sanksi Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sosialisasi Pajak,
dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Populasi dalam penelitian ini adalah
wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Jayapura. Pengambilan sampel menggunakan metoden
accidental sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuisioner yang
didistribusikan secara langsung di KPP Pratma Jayapura dan juga secara online kepada 100 responden yang berisi
31 item pernyataan yang dikur menggunakan skala likert. Metode analisis data pada dalam penelitian ini
menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sanksi Pajak, Sosialiasi Pajak, dan
Kesadaran Wajib Pajak secara parsial berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.
Sedangkan Kualitas Pelayanan Fiskus tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Orang Pribadi. Kontribusi
dari hasil penelitian ini dapat memperoleh bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan
wajib pajak yang dapat memberikan informasi kepada pihak KPP Pratma Jayapura dan wajib pajak sehingga bisa
dijadikan referensi atau bahan evaluasi untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak.