TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) PADA KANTOR DISTRK OKHIKA KABUPATEN PEGUNUNGAN BINTANG

Santrio Kamaluddin

Sari


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah implementasi prinsip-prinsip good governance pada kantor distrik Okhika kabupaten Pegunungan Bintang dengan focus kajian pada tiga indicator khusus yaitu Transparansi, Penegakan hokum dan Akuntabilitas, hal tersebut peneliti pilih sehubungan gejala yang Nampak pada tiga indicator tersebut berdasarkan hasil pengamatan awal.

Instrument utama yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dengan sejumlah informan yang dianggap memiliki kapasitas dalam permasalahan yang dijadikan focus kajian dalam penelitian ini. Tekhnik pengolahan dan analisa data dilakukan dengan tahapan : reduksi data, display data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga indicator tersebut adalah sebagai berikut: 1). Pada indiator transparansi sejauh ini capaiannya relative Baik, karena pihak distrik selalu berupaya memberikan informasi dan data yang diperlukan kepada public atau masyarakat yang membutuhkannya; 2) pada indicator penegakan hokum sebagai cerminan good governance sejauh ini capaianya relative baik walaupun belum optimal, terutama dalam hal peningkatan disiplin pegawai yang masih mengalami peningkatan maksimal secara khusus dalam hal keaktifan di kantor ; 3) pada indicator akuntabilitas sejauh ini berjalan cukup baik, hal yang menjadi perhatian khusus pada indicator ini adalah ketepatan waktu dalam menyusun dan menyerahkan laporan pertanggung jawaban dari pegawai kepada pimpinan yang terkadang masih mengalami keterlambatan

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.