EFEKTIFITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA JAYAPURA

Elvira M. Usulu

Sari


Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh lambatnya proses pembuatan sertifikat tanah di Badan Pertanahan (BPN) Kota Jayapura yang dikeluhkan masyarakat. Sehingga untuk mengetahui bahwa tercapainya efektivitas pelayanan  yang diberikan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti perbedaan dalam mengintepretasikan tugas-tugas yang harus dilaksanakan, serta perilaku aparat dalam bekerja. Sehingga kedudukan dan peran aparat sangat penting dan menentukan keberhasilan dalam mengerjakan tugas-tugas yang dilaksanakan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah di Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota Jayapura hal ini dilihat dari ; optimasi tujuan, prespektif sistematika, dan perilaku pegawai dalam organisasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu; memberikan gambaran atau penjelasan yang tepat secara objektif terkaitan keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti. Jenis data yang digunakan terdiri dari primer yaitu wawancara dan observasi langsung dilapangan dan data sekunder yang bersumber dari buku-buku, dokumen/catatan/laporan dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan Efektivitas Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah di Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota Jayapura masih belum efektif. Hal ini, diakibatkan karena indikator optimasi tujuan dari segi waktu dan sasaran, dimana penyelesaian sertifikat tanah pertama kali masih terkendala  sehingga kurang efektif. Namun, indikator prespektif sistematika, dan perilaku pegawai dalam organisasi dapat dikatakan efektif.

Kata kunci; efektivitas pelayanan

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.