PEMBELAJARAN PAI PADA MAHASISWA MULTIKULTURAL

Radhia Ainun Sechandini, Neti S, Hasruddin Dute

Sari


Penelitian ini mengungkapkan tentang penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada mahasiswa multkultural di Universitas Yapis Papua, sikap mahasiswa multicultural dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Yapis Papua. Landasan teorinya adalah Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi Umum dan Pendidikan Kemajemukan dalam Beragama yang didalamnya terdiri atas Pengertian Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Pengertian Kemajemukan, dan Pengertian Toleransi Beragama. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dimulai dari bulan Juli sampai Desember 2019, dan bertempatkan di Universitas Yapis Papua. Jenis dan sumber data yang diperoleh dari data primer: para informan yang berasal dari staf Universitas Yapis Papua, mahasiswa Universitas Yapis Papua, pengajar mata kuliah PAI, dan data sekunder: Satuan Acara Pembelajaran mata kuliah Pendidikan Agama Islam, Buku wisuda UNIYAP tahun 2018/2019, dan lembar wawancara. Teknik Pengumpulan Data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data memakai reduksi, display dan ferivikasi data. dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Yapis Papua dapat dilihat dalam penerapan Satuan Acara Pembelajaran oleh Dosen Pendidikan Agama Islam yang mencakup identitas, tujuan, strategi, evaluasi hasil perkuliahan, instrument aktivitas dan partisipasi, (2) Sikap mahasiswa Universitas Yapis Papua dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam, sikap mahasiswa dapat menerima dengan baik.

Kata Kunci: Pembelajaran PAI dan Mahasiswa Multikultural


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.