KEEFEKTIFAN PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI SMA MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA

Muhammad Tomi Saputra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana keefektifan pelaksanaan perencanaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta, dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat pelaksanaan perencanaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dan menggunakan model evaluasi discrepancy. Subjek penelitian adalah warga SMA Muhamadiyah I Yogyakarta yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala bidang SDM, guru dan karyawan. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui keefektifannya digunakan kriteria efektif, cukup efektif, dan tidak efektif. 
Hasil penelitian dapat dilihat dari kompetensi guru yang sudah cukup baik, proses belajar yang tidak monoton, guru sudah menguasai bahan dan media pembelajaran dengan baik, guru memiliki etos kerja yang baik, dapat menjadi teladan yang baik, guru dapat berkomunikasi dengan baik.. Faktor pendukung adalah kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang memadai, perangkat lunak seperti bentuk peraturan dan tata tertib sekolah, penciptaan suasana pendidikan serta peluang untuk mengembangkan diri bagi pendidik.
Faktor penghambatnya adalah waktu yang tersedia bagi pendidik untuk mengembangkan wawasan pendidik keilmuannya sangat terbatas.
  
Kata Kunci : Keefektifan, Perencanaan dan Pengembangan

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.