MANAJEMEN PENDIDIKAN NON FORMAL; ANALISIS TERHADAP TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN RAUDHATUL JANNAH JAYAPURA

Muhammad Abdul Mukti

Sari


Tulisan ini adalah Manajemen Pendidikan Non Formal; Analisis Terhadap Taman Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Jannah Jayapura, Kesimpulan besar dalam penulisan ini adalah Manajemen Pendidikan Islam adalah proses untuk mencapai serangkaian cita-cita dan tujuan organisasi melalui aktivitas bersama dengan menggerakkan, memobilisasi atau mengaktifkan seluruh sumber daya manusia spiritual dan materil guna mencapai tujuan yang telah dirumuskan dan disepakati bersama berdasarkan nilai-nilai yang terpancar dalam ajaran Islam; Kamal Muhammad Isa mengatakan : Pertama, Bahwa ilmu manajemen yang selama ini selalu diklaim sebagai hasil penemuan bangsa barat, ternyata milik Islam seutuhnya. Kedua, bahwa ilmu manajemen sebagai sebuah ilmu yang pengetahuan yang ilmiah, lengkap dengan segala unsure, fungsi dan ciri-ciri khasnya, sesungguhnya dapat digali dan diteliti dalam al-Qur’an, al-Sunnah dan berbagai riwayat dari kehidupan sahabat Nabi saw; Ketiga, bahwa ilmu manajemen Islam tersebut dapat diterapkan dalam suatu konsep pendidikan Islam yang mengacu kepada konsep pendidikan Rasulullah saw yang dapat menghasilkan generasi muda islam yang bertaqwa, mandiri, dan professional Pelaksanaan manajemen Pendidikan Islam nonformal di Taman Pendidikan al-Qur’an Radhatul Jannah Angkasapura Jayapura secara umum telah berjalan dengan baik, namun belum maksimal dan perlu ditingkatkan lagi,  di samping itu kesejahteraan tenaga Pendidik juga perlu ditingkatkan. Karena hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap tujuan organisasi sesuai harapan bersama.
 
Simpulan: Manajemen, Pendidikan Non Formal, TPQ Raudhatul Jannah

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.