Manajemen Mutu Madrasah

Hendro Widodo

Sari


Dewasa ini semua lembaga pendidikan, tidak terkecuali madrasah berorientasi pada mutu, karena manajemen mutu menjadi suatu keharusan dalam pembenahan madrasah Semua jenis kegiatan manajemen yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam pengelolaan madrasah harus senantiasa di arahkan dan berorientasi pada pencapaian mutu. Dalam konteks pendidikan, mutu mencakup input, proses, dan output. Ketiga unsur tersebut saling berhubungan. Artinya, untuk menghasilkan output pendidikan yang bermutu, dipengaruhi oleh proses pendidikannya, dan proses pendidikan yang bermutu akan dapat menghasilkan output yang lebih bermutu bilamana didukung oleh input pendidikan yang bermutu pula. Lembaga pendidikan dapat dikatakan bermutu jika input, proses dan output pendidikannya dapat memenuhi persyaratan yang dituntut oleh pengguna jasa pendidikan, baik internal maupun eksternal. Dalam hal ini, manajemen mutu di madrasah merupakan kemampuan madrasah dalam mendayagunakan sumber daya pendidikan baik sumber daya manusia maupun non manusia untuk meningkatkan kemampuan input, proses dan output pendidikan guna memenuhi persyaratan yang dituntut oleh pengguna jasa pendidikan. Seluruh kegiatan manajemen diarahkan pada tuntutan dan kepuasan pelanggan atau pengguna jasa pendidikan (stakeholders). 
 
Kata Kunci, Managemen, Mutu dan Madrasah.

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.